Minggu, 05 Maret 2017

8 Kanal Analisis Film Favorit Saya di YouTube


Bagi saya yang suka banget nonton film, kanal-kanal bertema analisis film tentu jadi tempat tujuan favorit saya kalau sedang nongkrong di YouTube sambil nungguin unduhan file Torrent selesai. Sudah nggak terhitung berapa banyak video analisis film yang bisa kita temukan di YouTube, tapi kalau menginginkan pengalaman yang lebih komplet, saya lebih suka mencari kanal film yang benar-benar bagus, lalu berlangganan.

Di bawah ini ada 8 kanal analisis film yang paling saya sukai di YouTube, masing-masing dengan ciri khas mereka sendiri. Kalau mau ke kanal mereka, langsung klik ke tautan yang ada di masing-masing judulnya ya.

What are you waiting for? Click those titles away! 



Kanal Wisecrack adalah gabungan antara analisis film dan buku-buku klasik, yang beberapa di antaranya dibawakan oleh dua karakter unik. Yang satu adalah sosok alien bernama Gary, yang melakukan analisis film versi dia sendiri dalam playlist The Hidden Meaning: Earthling Cinema, lewat serangkaian "artefak," yaitu DVD film. Walaupun analisisnya dilakukan secara lucu-lucuan, tetapi sangat mendalam. Selain itu, ada juga analisis buku klasik yang dibawakan oleh karakter bergaya "thug," sehingga kontras banget (tapi analisisnya serius lho). Ada juga video-video biasa yang dibawakan oleh narator, tetapi dua karakter inilah yang membawa "nyawa" ke kanal Wisecrack.


Kanal ini cocok banget untuk memanjakan sisi nerd dalam diri pecinta film. Pemilik kanal ini melakukan analisis serius terhadap berbagai teori mendalam dalam film-film populer, dan tidak terbatas pada film fiksi ilmiah saja lho! Kalau Anda tipe yang tertarik mengetahui mana yang lebih baik antara Hogwarts dan sekolahnya Mrs. Peregrine kalau dibandingkan dengan standar sekolah internasional di dunia nyata, atau apakah hiu "terbang" dalam Sharknado bisa benar-benar terjadi di dunia nyata, atau bagaimana analisis psikologi kultus bisa diterapkan dalam 50 Shades of Grey, atau kemungkinan menang dalam The Hunger Games lewat perhitungan statistik, inilah kanal untuk Anda. Kanal ini juga membahas seri YouTube populer, seperti Salad Finger, Poppy, dan Don't Hug Me I'm Scared.


Kanal ini cocok banget buat Anda yang suka mengorek-ngorek kesalahan sebuah film, baik yang kecil maupun besar. Kesalahan ini bisa berasal dari penyuntingan yang kurang rapat, hilangnya kontinuitas, hingga logika ngawur. Lupakan sejenak tuduhan "berkarya dulu, baru mengkritik" yang belakangan ini dilontarkan semudah menebar makanan ayam, dan manjakan sejenak sisi diri Anda yang mungkin suka gatal ingin mengorek-ngorek kesalahan yang nampak di depan mata tapi anehnya tidak disadari banyak orang.


Buat Anda yang suka nonton seri Honest Trailers di YouTube, kanal Screen Junkies pastinya sudah tidak asing. Kanal Screen Junkies menawarkan banyak video menarik berisi ulasan dan analisis film serta serial TV. Akan tetapi, seri Honest Trailers yang mendeskripsikan trailer sebuah film secara jujur sekaligus kocak berdasarkan apa yang terlihat pada filmnya sendiri jelas merupakan primadona kanal ini.


Anda tipe yang suka menikmati artikel atau tontonan ringan berisi daftar alias list? Kunjungi kanal Screen Rant untuk berbagai video yang membahas tentang 10 terpopuler, terbaik, terburuk, paling kontroversial, dan sejenisnya. Kanal ini rajin update, sehingga Anda dijamin tidak akan cepat bosan.


Kanal CineFix tergolong gado-gado, dengan video-video yang jenisnya berupa list, analisis film, tips membuat kostum tokoh-tokoh film, dan video di balik layar. Akan tetapi, ciri khas kanal ini antara lain video-video berupa list yang cenderung memotret keunikan film-film dari segi penggarapan, sehingga lebih mendalam, misalnya "5 Pergerakan Kamera Paling Brilian," "10 Penggunaan Skema Warna Terbaik dalam Film," "10 Film dengan Struktur Terbaik," dan "10 Film dengan Desain Suara Terbaik." Yang jelas bukan video kumpulan list biasa.


Satu lagi kanal yang memanjakan sisi nerd di kalangan penggemar film, The Nerdwriter membahas berbagai macam hal mendalam seperti pembahasan film frame demi frame, membahas daya tarik suatu film atau serial TV dilihat dari tema dan konsepnya, serta analisis sosial politik berdasarkan film atau terkait industri film. Tetapi ada juga video-video yang membahas tentang sains dan fenomena sosial.


Apakah ada di antara Anda yang tertarik membuat skenario film? Atau ingin sekadar tahu bagaimana film-film tertentu benar-benar mampu "mengikat" kita walaupun ada banyak film lain dengan tema serupa? Kanal ini akan mengajak Anda menganalisis skenario film dalam rangka melihat apa yang menjadi daya tariknya, serta tema dan konsep apa yang dibahas dalam struktur film tersebut.

Sekarang sih saya berharap supaya Cinema Poetica mau membuat kanal serupa.. Semoga suatu hari nanti kesampaian.